Rabu, 09 Desember 2020

PROFIL MADRASAH


A.       PROFIL MTs MA’ARIF NU 3 GRABAG

 

1.         Data Madrasah

 

1.

Nama Madrasah

:

MTs Ma’arif NU 3 Grabag

2.

Nomor Statistik Madrasah

:

121233080060

3.

Akreditasi MADRASAH

:

B  (BAN/SM)

4.

Alamat Lengkap

Dusun

 

 

Kleteran 005/004

 

Desa/Kelurahan

:

Kleteran

 

Kecamatan

:

Grabag

 

Kabupaten / Kota

:

Magelang

 

Kode Pos

:

56196

 

Provinsi

:

Jawa Tengah

 

Telephon / HP

Email

:

:

085643363619

mtsmaarif3grb@gmail.com

5.

NPWP MADRASAH

:

00.542.684.6-524.000

6.

Nama Kepala Madrasah

:

Muhamad Ansori, S.Pd

7.

No. Tlp/HP Kepala

:

085 643 363 619

8.

Nama Yayasan

:

Lembaga Pendidikan Ma’arif  NU

9.

Alamat Yayasan

:

 

Jl. Magelang-Jogja Km 12 Palbapang Mungkid Magelang 56551

10.

No. Tlp. Yayasan

:

(0293) 782037

11.

No. Akte Pendiri Yayasan

:

No. 103 Tanggal 15 Januari 1986

12.

Kepemilikan Tanah/Bangunan

:

 

 

a.     Status Tanah

:

Milik Sendiri dan HGB

 

b.     Luas Tanah

:

3.033

 

c.      Status Bangunan

:

Milik Sendiri dan HGB

 

Luas bangunan

:

1.489

 

2.         Data Siswa dalam 5 tahun terakhir

 

Tahun Ajaran

Kelas VII

Kelas VIII

Kelas IX

Jumlah

 

Jml Siswa

Rombel

Jml Siswa

Rombel

Jml Siswa

Rombel

Jml Siswa

Rombel

2016-2017

194

5

187

4

180

4

561

13

2017-2018

182

5

180

5

188

4

550

14

2018-2019

175

5

169

5

177

5

521

15

2019-2020

183

5

172

5

165

5

520

15

2020-2021

155

5

182

5

171

5

508

15

 

 

3.         Data Sarana Prasarana

 

No

Jenis Prasarana

Jml Ruang

Jml Ruang Kondisi Baik

Jml Ruang Kondisi Rusak

Katagori Kerusakan

Rusak Ringan

Rusak Sedang

Rusak Berat

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

16.

18.

19.

20.

Ruang Kelas

Perpustakaan

Ruang Lab. IPA

Ruang Lab. Biologi

Rang Lab. Fisika

Ruang Lab. Kimia

Ruang Lab. Komp.

Ruang Lab. Bahasa

Ruang Pimpinan

Ruang Guru

Ruang Tata Usaha

Ruang Konseling

Tempat Ibadah

Ruang UKS

Jamban

Gudang

Tempat Olahraga

Ruang OSIS

Ruang Lainnya

15

1

-

-

-

-

2

-

1

1

1

1

1

1

6

1

1

1

1

15

1

-

-

-

-

2

-

1

1

1

1

1

1

4

1

1

1

1

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

2

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

 

4.         Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan

 

NO

NAMA

MATA PELAJARAN

TUGAS TAMBAHAN

1.

MUHAMAD ANSORI, S.Pd

Akidah Akhlak

Kepala Madrasah

2.

ANDRI SAPUTRA, S.Th.I

Matematika

Waka Kurikulum

3.

ARZAN MUJAHIDIN, S.Pd.I

Seni Budaya

 

4.

SUPARDI A. Ma

Ke NU an

 

5.

SUCIATI S.Pd

Bahasa Inggris

 

6.

ANDY MUSTOFA,S.Pd.I

Fiqih

Wali Kelas 8D

7.

AGUS MUHAMMAD

Bahasa Arab,
Seni Budaya

Wali Kelas 8E

8.

INDARIYAH, S.Pd.I

Bahasa Indonesia

 

9.

ISTI ZAKIYATUL AZIZAH,S.Pd.I

Matematika

Wali Kelas 8A

10.

INDRAWATI,S.Pd.

BP

Bahasa Indonesia

Wali Kelas 9A

11.

EKO CAHYANINGSIH S.Sos.I

SKI

Ke NU an

Wali Kelas 7E

12.

YUDHI KRISNANTO,S.Pd.

IPA

Wali Kelas 9E

13.

IKA SARI KARDININGRUM S.Pd

Bahasa Inggris

Wali Kelas 8B

14.

FAKHRIYATI,S.TP

IPS

Wali Kelas 9C

15.

FATKHURROHMAN

Bahasa Arab

Ke NU an


16.

IBNU MAS'UD S.Pd.I

Bahasa Inggris

 

17.

MURNIATININGSIH,S.Pd.

PKn

 

18.

RAHMAT TRI KUNCORO, S.Pd

Penjasorkes

Waka Kesiswaan

19.

AFIYA ULFAH, S.Pd

Prakarya

Bahasa jawa

Wali Kelas 9B

20.

LAILATUL ROVI'AH, S.Pd

IPA

Wali Kelas 7D

21.

M. NURUL HADI YAHYA, S.Pd

Bahasa Inggris

Bahasa Indonesia

Wali Kelas 9D

22.

ENDAH PRASETYOWATI, S.Pd

IPS

 

23.

HERU CAHYONO, SE

PKn

 

24.

RIZQI NOVIA SARI, S.Pd

BP

PKn

Wali Kelas 8C

25.

PUJI TRI UTAMI, S.Pd

Akidah Akhlak

Wali Kelas 7B

26.

ALVAN AQIL AZIZI,S.Pd

Bahasa Indonesia

Wali Kelas 7A

27.

DYAH AYUNINGTYAS, S. Pd.

Bahasa Indonesia

Bahasa Arab

Wali Kelas 7C

28.

ADI P. PRATAMA,S.Kom

Tata Usaha

 

29.

SUPARNO

Penjaga Malam

 

30.

SITI SANI

Petugas Kebersihan

 

 

B.       TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL JENJANG MENENGAH

 

Dilihat dari herarkisnya tujuan pendidikan, terdiri atas tujuan yang sangat umum sampai tujuan khusus yang bersifat spesifik dan mudah diukur, yaitu terdiri dari :

o    Tujuan Pendidikan Nasional (TPN)

o    Tujuan Institusional (TI)

o    Tujuan Kurikuler (TK),

o    Tujuan Instruksional atau Tujuan Pembelajaran (TP)

    

Hubungan tujuan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :

1)    Tujuan Pendidikan Nasional (TPN)

 

TPN adalah tujuan umum yang sarat dengan muatan filosofis suatu bangsa, merupakan sasaran akhir yang harus dijadikan pedoman oleh setiap usaha pendidikan, baik pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan formal, informal maupun nonformal. TPN tersebut dirumuskan dalam Undang – undang No. 20 Tahun 2003, Pasal 3 yang berbunyi bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik, agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

 

2)    Tujuan Institusional (TI)

 

TI adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap lembaga pendidikan, sehingga tujuan ini dapat didefinisikan sebagai kualifikasi yang harus dimiliki oleh setiap siswa setelah mereka menempuh atau dapat menyelesaikan program di suatu lembaga pendidikan.

 

3)    Tujuan Pendidikan Nasional Jenjang Menengah

 

Pada Peraturan PemerintahPeraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), Bab V Pasal 26 dijelaskan bahwa Standar Kompetensi Lulusan pada jenjang pendidikan menengah umum bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Standar Kompetensi Lulusan pada jenjang  pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

 

4)    Tujuan Kurikuler (TK)

 

TK adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap bidang studi atau mata pelajaran, sehingga tujuan kurikuler harus dapat mendukung ketercapaian tujuan Institusional (TI).

Pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)pasal 6 dinyatakan banhwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :

1.    Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia 

2.    Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian

3.    Kelompok mata pelajaran  ilmu pengetahuan dan teknologi

4.    Kelompok mata pelajaran estetika

5.    Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)tersebut, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merumuskan tujuan setiap kelompok mata pelajaran sebagai berikut:

a.         Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia bertujuan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Tujuan ini  dicapai melalui muatan dan atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, oalah raga dan kesehatan.

b.        Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian bertujuan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan atau kegiatan agama, ahklak mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni dan budaya, pendidikan jasmani.

c.         Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologibertujuan untuk mengembangkan logika, kemampuan berfikir dan analisis peserta didik. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan social, keterampilan/kejuruan, teknologi informasi, serta muatan lokal yang relevan.

d.        Kelompok mata pelajaran estetika bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan

e.         Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani dan menumbuhkan rasa sportivitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan atau kegiatan pendidikan jasmani, olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam dan muatan local yang relevan.

 

5)    Tujuan Instruksional atau Tujuan Pembelajaran (TP)

 

TP dikembangkan oleh setiap guru mata pelajaran yang mengandung unsur-unsur : Audience (Siapa yang harus memiliki kemampuan), Behavior (Prilaku yang bagaimana yang diharapkan dimiliki), Condition (dalam kondisi dan situasi yang bagaimana subjek dapat menunjukan kemampuan sebagai hasil belajar yang telah diperoleh) dan Degree (kulitas dan kuantitas tingkah laku yang diharapkan dicapai sebagai batas minimal). TP tersebut harus dapat mendukung TK.



0 komentar:

Posting Komentar