A. PROFIL MTs MA’ARIF NU 3 GRABAG
1.
Data Madrasah
1. |
Nama Madrasah |
: |
MTs Ma’arif NU 3
Grabag |
|
2. |
Nomor
Statistik Madrasah |
: |
121233080060 |
|
3. |
Akreditasi
MADRASAH |
: |
B (BAN/SM) |
|
4. |
Alamat Lengkap Dusun |
|
Kleteran 005/004 |
|
|
Desa/Kelurahan |
: |
Kleteran |
|
|
Kecamatan |
: |
Grabag |
|
|
Kabupaten /
Kota |
: |
Magelang |
|
|
Kode Pos |
: |
56196 |
|
|
Provinsi |
: |
Jawa Tengah |
|
|
Telephon /
HP Email |
: : |
085643363619 mtsmaarif3grb@gmail.com |
|
5. |
NPWP
MADRASAH |
: |
00.542.684.6-524.000 |
|
6. |
Nama Kepala Madrasah |
: |
Muhamad Ansori, S.Pd |
|
7. |
No. Tlp/HP
Kepala |
: |
085 643 363 619 |
|
8. |
Nama Yayasan |
: |
Lembaga Pendidikan
Ma’arif NU |
|
9. |
Alamat Yayasan |
: |
Jl. Magelang-Jogja Km 12
Palbapang Mungkid Magelang 56551 |
|
10. |
No. Tlp. Yayasan |
: |
(0293) 782037 |
|
11. |
No. Akte Pendiri Yayasan |
: |
No. 103
Tanggal 15 Januari 1986 |
|
12. |
Kepemilikan Tanah/Bangunan |
: |
|
|
|
a.
Status Tanah |
: |
Milik Sendiri dan HGB |
|
|
b.
Luas Tanah |
: |
3.033 m² |
|
|
c.
Status Bangunan |
: |
Milik Sendiri dan HGB |
|
|
Luas bangunan |
: |
1.489 m² |
|
2.
Data Siswa dalam 5 tahun terakhir
Tahun Ajaran |
Kelas VII |
Kelas VIII |
Kelas IX |
Jumlah |
||||
Jml Siswa |
Rombel |
Jml Siswa |
Rombel |
Jml Siswa |
Rombel |
Jml Siswa |
Rombel |
|
2016-2017 |
194 |
5 |
187 |
4 |
180 |
4 |
561 |
13 |
2017-2018 |
182 |
5 |
180 |
5 |
188 |
4 |
550 |
14 |
2018-2019 |
175 |
5 |
169 |
5 |
177 |
5 |
521 |
15 |
2019-2020 |
183 |
5 |
172 |
5 |
165 |
5 |
520 |
15 |
2020-2021 |
155 |
5 |
182 |
5 |
171 |
5 |
508 |
15 |
3.
Data Sarana Prasarana
No |
Jenis Prasarana |
Jml Ruang |
Jml Ruang Kondisi Baik |
Jml Ruang Kondisi
Rusak |
Katagori Kerusakan |
||
Rusak Ringan |
Rusak Sedang |
Rusak Berat |
|||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 18. 19. 20. |
Ruang Kelas Perpustakaan Ruang Lab. IPA Ruang Lab. Biologi Rang Lab. Fisika Ruang Lab. Kimia Ruang Lab. Komp. Ruang Lab. Bahasa Ruang Pimpinan Ruang Guru Ruang Tata Usaha Ruang Konseling Tempat Ibadah Ruang UKS Jamban Gudang Tempat Olahraga Ruang OSIS Ruang Lainnya |
15 1 - - - - 2 - 1 1 1 1 1 1 6 1 1 1 1 |
15 1 - - - - 2 - 1 1 1 1 1 1 4 1 1 1 1 |
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - |
- - - - - - - - - - - - - - 2 - - - - |
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - |
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - |
4.
Data Pendidik dan
Tenaga Kependidikan
NO |
NAMA |
MATA
PELAJARAN |
TUGAS
TAMBAHAN |
1. |
MUHAMAD
ANSORI, S.Pd |
Akidah Akhlak |
Kepala Madrasah |
2. |
ANDRI SAPUTRA,
S.Th.I |
Matematika |
Waka Kurikulum |
3. |
ARZAN
MUJAHIDIN, S.Pd.I |
Seni Budaya |
|
4. |
SUPARDI A. Ma |
Ke NU an |
|
5. |
SUCIATI S.Pd |
Bahasa Inggris |
|
6. |
ANDY
MUSTOFA,S.Pd.I |
Fiqih |
Wali Kelas 8D |
7. |
AGUS MUHAMMAD |
Bahasa Arab, |
Wali Kelas 8E |
8. |
INDARIYAH,
S.Pd.I |
Bahasa
Indonesia |
|
9. |
ISTI ZAKIYATUL AZIZAH,S.Pd.I |
Matematika |
Wali Kelas 8A |
10. |
INDRAWATI,S.Pd. |
BP Bahasa
Indonesia |
Wali Kelas 9A |
11. |
EKO
CAHYANINGSIH S.Sos.I |
SKI Ke NU an |
Wali Kelas 7E |
12. |
YUDHI
KRISNANTO,S.Pd. |
IPA |
Wali Kelas 9E |
13. |
IKA SARI
KARDININGRUM S.Pd |
Bahasa Inggris |
Wali Kelas 8B |
14. |
FAKHRIYATI,S.TP |
IPS |
Wali Kelas 9C |
15. |
FATKHURROHMAN |
Bahasa Arab Ke NU an |
|
16. |
IBNU MAS'UD
S.Pd.I |
Bahasa Inggris |
|
17. |
MURNIATININGSIH,S.Pd. |
PKn |
|
18. |
RAHMAT TRI
KUNCORO, S.Pd |
Penjasorkes |
Waka Kesiswaan |
19. |
AFIYA ULFAH,
S.Pd |
Prakarya Bahasa jawa |
Wali Kelas 9B |
20. |
LAILATUL
ROVI'AH, S.Pd |
IPA |
Wali Kelas 7D |
21. |
M. NURUL HADI
YAHYA, S.Pd |
Bahasa Inggris Bahasa Indonesia |
Wali Kelas 9D |
22. |
ENDAH
PRASETYOWATI, S.Pd |
IPS |
|
23. |
HERU CAHYONO,
SE |
PKn |
|
24. |
RIZQI NOVIA
SARI, S.Pd |
BP PKn |
Wali Kelas 8C |
25. |
PUJI TRI
UTAMI, S.Pd |
Akidah
Akhlak |
Wali Kelas 7B |
26. |
ALVAN AQIL
AZIZI,S.Pd |
Bahasa
Indonesia |
Wali Kelas 7A |
27. |
DYAH
AYUNINGTYAS, S. Pd. |
Bahasa
Indonesia Bahasa Arab |
Wali Kelas 7C |
28. |
ADI P.
PRATAMA,S.Kom |
Tata Usaha |
|
29. |
SUPARNO |
Penjaga Malam |
|
30. |
SITI SANI |
Petugas
Kebersihan |
|
B. TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL JENJANG MENENGAH
Dilihat dari herarkisnya tujuan pendidikan, terdiri atas tujuan yang
sangat umum sampai tujuan khusus yang bersifat spesifik dan mudah diukur, yaitu
terdiri dari :
o Tujuan Pendidikan Nasional (TPN)
o Tujuan Institusional (TI)
o Tujuan Kurikuler (TK),
o Tujuan Instruksional atau Tujuan Pembelajaran
(TP)
Hubungan
tujuan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :
1) Tujuan Pendidikan Nasional (TPN)
TPN adalah tujuan umum yang sarat dengan muatan
filosofis suatu bangsa, merupakan sasaran akhir yang harus dijadikan pedoman
oleh setiap usaha pendidikan, baik pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga
pendidikan formal, informal maupun nonformal. TPN tersebut dirumuskan dalam
Undang – undang No. 20 Tahun 2003, Pasal 3 yang berbunyi bahwa Pendidikan
Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik, agar menjadi manusia beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.
2) Tujuan Institusional (TI)
TI adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap
lembaga pendidikan, sehingga tujuan ini dapat didefinisikan sebagai kualifikasi
yang harus dimiliki oleh setiap siswa setelah mereka menempuh atau dapat
menyelesaikan program di suatu lembaga pendidikan.
3)
Tujuan Pendidikan Nasional
Jenjang Menengah
Pada Peraturan PemerintahPeraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32
Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor
19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), Bab V Pasal 26 dijelaskan bahwa Standar Kompetensi Lulusan pada jenjang
pendidikan menengah umum bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti
pendidikan lebih lanjut.
Standar Kompetensi Lulusan pada jenjang pendidikan menengah kejuruan adalah
meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai
dengan kejuruannya.
4) Tujuan Kurikuler (TK)
TK adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap
bidang studi atau mata pelajaran, sehingga tujuan kurikuler harus dapat
mendukung ketercapaian tujuan Institusional (TI).
Pada Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar
Nasional Pendidikan (SNP)pasal 6 dinyatakan banhwa kurikulum untuk jenis
pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan
menengah terdiri atas :
1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
3. Kelompok mata pelajaran
ilmu pengetahuan dan teknologi
4. Kelompok mata
pelajaran estetika
5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang
Perubahan atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005
Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)tersebut,
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merumuskan tujuan setiap kelompok mata
pelajaran sebagai berikut:
a.
Kelompok
mata pelajaran agama dan akhlak mulia bertujuan untuk membentuk peserta didik
menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
berakhlak mulia. Tujuan ini dicapai
melalui muatan dan atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu
pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, oalah raga dan kesehatan.
b.
Kelompok
mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian bertujuan untuk membentuk peserta
didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tujuan
ini dicapai melalui muatan dan atau kegiatan agama, ahklak mulia,
kewarganegaraan, bahasa, seni dan budaya, pendidikan jasmani.
c.
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologibertujuan untuk mengembangkan logika, kemampuan berfikir dan
analisis peserta didik. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan atau kegiatan
bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan social,
keterampilan/kejuruan, teknologi informasi, serta muatan lokal yang relevan.
d.
Kelompok
mata pelajaran estetika bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik
menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini
dicapai melalui muatan dan atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan,
dan muatan lokal yang relevan
e.
Kelompok
mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan bertujuan untuk membentuk
karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani dan menumbuhkan rasa
sportivitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan atau kegiatan pendidikan
jasmani, olahraga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam dan muatan local
yang relevan.
5) Tujuan Instruksional atau Tujuan Pembelajaran (TP)
TP dikembangkan oleh setiap guru mata pelajaran
yang mengandung unsur-unsur : Audience
(Siapa yang harus memiliki kemampuan), Behavior
(Prilaku yang bagaimana yang diharapkan dimiliki), Condition (dalam kondisi dan situasi yang bagaimana subjek dapat
menunjukan kemampuan sebagai hasil belajar yang telah diperoleh) dan Degree (kulitas dan kuantitas tingkah
laku yang diharapkan dicapai sebagai batas minimal). TP tersebut harus dapat
mendukung TK.
0 komentar:
Posting Komentar